Photoblog : Penutupan Pornas Korpri 2023 di GOR Jatidir Semarang

Suasananya memang tidak seramai pembukaannya meski tempatnya sama, GOR Jatidiri. Namun tetap saja, kami tidak melewatkan momennya begitu saja. Senyum, tawa dan perasaan bahagia. Luar biasa bisa menjadi bagian acara ini.

Tidak ada waktu untuk beristirahat usai menuntaskan final futsal antara Jateng melawan DKI Jakarta, Jumat siang (21/7). Apalagi kami masih kembali ke acara lain yang sempat kami tinggalkan. 

Acara penutupan seolah tergesa-gesa, namun memang sesuai jadwal yang telah diberitahukan. Apalagi hadir pula Menteri Pemuda dan Olahrga yang akan menutup Pornas Korpri ke-16 ini.

Saat pembukaan, tempat ini penuh. Mungkin masih banyak yang kelelahan, mengingat masih ada beberapa cabor yang belum selesai sebelum acara penutupan. 

Berbeda dari sebelumnya yang tampak sangat megah, panggung utama kali ini terlihat biasa dan posisinya berada di sisi kiri. Sedangkan pembukaan, berada tepat di tengah atau depan tempat duduk bangku VIP.

Sebelum dimulai acara utama, ada sesi penyerahan medali yang dilakukan. Kami datang telat, sehingga saat penyerahan medali untuk juara tim futsal Jateng terpaksa terlewat. Ah, sayang fotonya sedikit goyang. Mohon maaf karna pakai hape biasa.

Band pembuka ini sudah tampil saat kami tiba. Formasi hiburan untuk penutupan memang tidak seperti pembukaan yang menampilkan musisi terkenal. Lebih rasa lokal.

Mari kita mulai acara. Di sini adalah tempat duduk VIP. Selain banyak pejabat terlihat, ada Wali Kota Semarang, Istri Gubernur, Sekertaris Gubernur hingga satu menteri lain yang turut hadir yang kebenaran juga ada acara di Kota Semarang, yaitu Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia.

Sisi lain, yang salah satunya perwakilan dari Sumatera Selatan. Jangan lihat ke atas, banyak kosong soalnya di sana.

Pertunjukan tarian yang rasanya tidak akan terlewat setiap pembukaan acara.

Ketua PP Bapor Korpri Prof M Asrorun Ni'am Sholeh mengatakan, untuk Pornas tahun ini menjadi Pornas terbesar, diikuti 101 kontingen dan 31 lebih Kementrian lembaga. Ia juga menyampaikan selamat kapada Jawa Tengah yang keluar keluar sebagai juara umum disusul Kemenpora, Jawa Timur, Bali dan Jawa Barat. 

“Alhamdulillah Jawa Tengah menjadi juara umum dengan memperoleh 11 emas, 11 perak, dan 12 perunggu. Ini menjadi kebanggaan, karena selama ini Jawa Tengah belum pernah menjadi juara umum Pornas Korpri. Ini sekaligus menjadi motivasi kita dan ke depannya mudah-mudahan lebih baik lagi." Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah, Sumarno.

“Ini semoga selanjutnya karena lokasi Pornas Kopri XVII di Sumatera Selatan, cabang olehraganya ditambah. Harapan kegiatan olahraga Pornas Korpri antarpegawai RI sebagai simbol silaturahmi, persahabatan, dan kebersamaan disamping prestasi. Jadi lawan di lapangan tapi setelahnya berkawan." Menteri Pemuda dan Olahraga RI Dito Ariotedjo.

Usai sambutan, selanjutnya diberikan penghargaan kepada pewakilan peserta (provinsi dan kementerian) untuk 10 besar .

Piala utama diterima oleh Jawa Tengah yang diwakili Sekda Jateng, Pak Sumarno. Artikelnya sudah tersedia di blog di sini.

Momen lainnya yang sempat terekam kamera kami. Di sana terlihat sesorang memakai semacam blankon di kepalanya. 

Ada berapa banyak AC dan kipas yang disediakan panitia selama acara penutupan? Kami pikir sangat banyak. Entah berapa, mengingat ruangan cukup panas apabila tidak ada pendingin di sana.

Momen lainnya ada band penutup yang membuar suasana lebih meriah. Apalagi Istri Gubernur Jawa Tengah ikut juga berpartisipasi dalam suasana. Ditunggu videonya.

📝 Semua gambar diambil dengan kamera ASUS Zenfone 5.

Artikel terkait :

Komentar